Tuesday, April 24, 2012

Obat Tradisional Untuk Bayi dan Anak-anak

Sebenarnya banyak obat tradisional atau obat herbal di sekitar kita. Baik obat batuk, obat jerawat, hingga obat kuat. Apalagi hanya untuk anak-anak. Sayangnya kebanyakan ibu-ibu tidak menyadari hal itu. Jika anaknya sedang sakit, kebanyakan ibu-ibu langsung membawanya ke rumah sakit. Padahal, bisa saja penyakit tersebut cukup diobati dengan obat-obat tradisional atau obat herbal, yang tentunya lebih sehat, lebih cepat, dan lebih hemat. Langsung saja, berikut ini adalah obat-obatan tradisional atau obat herbal untuk membantu mengobati berbagai penyakit yang di derita anak Anda:
Obat tradisional atau obat herbal untuk panas, batuk, dan pilek:
Parut bawang merah, tambahkan minyak telon secukupnya, lalu balurkan pada punggung sampai bagian pantat sambil sedikit diurut. Begitu juga pada pusar dan ubun-ubun.

Untuk ramuan minum (untuk bayi 8 bulan ke atas): Sediakan satu cangkir air kelapa, tambahkan satu sendok the madu, aduk, lalu kukus. Setelah dingin, berikan pada anak 3 sendok teh setiap 2 jam sekali.
Ramuan minum untuk bayi 8 bulan ke bawah: Cukup berikan Asi atau sang ibu yang meminum ramuan tersebut.
Untuk anak yang lebih besar, berikan ramuan minum berupa air kunyit dan madu. Caranya, ambillah satu ruas jari kunyit yang sudah dibersihkan dan di bakar. Kerik kulitnya, parut lalu tambahkan ½  cangkir air, saring, lalu endapkan. Tuangkan air dengan hati-hati ke gelas lain untuk membuang endapan. Kemudian, tambahkan 1 butir kuning telur, dan 1 sendok madu. Aduk rata. Lalu suapkan pada anak. Ramuan ini bisa menurunkan panas seperti pada sakit cacar, flu, masuk angina dan lainnya.
Obat tradisional untuk penyakit diare:
Sediakan ½ jari kunyit yang sudah dibersihkan, dibakar, lalu dipotong-potong. Sediakan juga 7 buah daun jambu biji yang masih muda (pucuk), air 1 gelas, dan garam ¼  sendok teh. Rebus dengan api kecil. Minumlah 1 sendok teh satu jam sekali.
Untuk mengusir gas dan melegakan perut, balurkan parutan bawang merah yang sudah dicampur minyak talon pada pusar. Untuk anak yang sudah besar, dapat juga mengunyah langsung pucuk daun jambu biji yang sudah dibersihkan.
Obat tradisional untuk penyakit pilek atau flu:
Untuk mengobati pilek pada anak, sediakan bawang merah yang sudah diparut, lalu tempelkan pada tulang leher ke tujuh (bagian tengkuk) dan ubun-ubun anak yang sebelumnya telah diolesi minyak kayu putih. Untuk penyembuhan, beri juga minuman yang hangat-hangat, seperti beras kencur. Selain itu, jemur anak di bawah sinar matahari pagi (dibawah jam 9). Panaskan bagian dada seperempat jam dan punggung seperempat jam.
Obat tradisional untuk penyakit perut kembung:
Parut bawang merah dan tambahkan minyak talon. Kemudian tempelkan pada bagian pusar. Bisa juga, menggunakan daun jarak pagar yang dihangatkan. Olesi dengan minyak kelapa, pilin-pilin, lalu tempelkan pada pusar anak anda.
Obat tradisional untuk penyakit muntah-muntah:
Untuk mengobati muntah-muntah pada anak yang disebabkan perut mual atau kembung, caranya, sediakan ½ sendok teh ketumbar, 3 butir kapulaga, 5 butir adas hitam dan setengah gelas air. Rebus, setelah dingin berikan pada anak sedikit demi sedikit sesering mungkin atau 2 jam sekali.
Obat tradisional untuk penyakit sariawan:
Sediakan sebuah tomat yang benar-benar matang, rendam air panas, lalu kupas kulitnya. Haluskan tomat dengan menggunakan sendok, saring lalu tambahkn gula secukupnya. Minumkan pada anak. Sari tomat tersebut sangat baik untuk mengobati sariawan si kecil.
Obat tradisional untuk penyakit batuk:
Sediakan 1 sendok perasan air jeruk nipis, lalu tambahkan 2 sendok madu, dan 2 sendok air matang. Masukan dalam cangkir dan kukus. Setelah dingin, minumkan pada anak sebanyak 1-2 sendok teh. Berikan 5 kali sehari.
Obat tradisional untuk penyakit batuk berlendir:
Campurkan 1 sendok makan air jahe, I sendok makan air kunyit, 1 siung bawang putih yang telah diparut, 1 sendok makan air jeruk nipis, 1 sendok makan madu, 3 sendok makan air matang, kemudian kukus. Minumkan 3-4 kali sehari 2 sendok teh.
Obat tradisional untuk penyakit batuk:
Untuk mengobati batuk anak yang disertai dahak, caranya: sediakan 1 butir bawang merah diparut, 1 ruas jari jahe diparut dan diperas airnya, 7 butir adas manis, 1 ruas kunyit diparut dan diperas airnya, 1 sendok makan air jeruk nipis, dan ½ gelas air. Masukan semua bahan dalam cangkir, kemudian kukus dan setelah itu saring. Minum 3 kali sehari sebanyak 2 sendok teh.
Obat tradisional untuk mata merah:
Sediakan 3 lembar daun sirih lalu cuci hingga bersih. Seduh dengan air panas dalam sebuah mangkok. Setelah dingin, minta anak untuk mengedip-ngedipkan matanya dalam air tersebut.
Obat tradisional untuk menambah nafsu makan:
Untuk menjadikan anak anda lebih doyan makan caranya sangat mudah.  Bersihkan 1 lembar daun jarak pagar, setelah itu hangatkan sebentar di atas tutup panci. Beri olesan minyak kelapa pada daun tersebut dan pilin-pilin. Tempelkan daun tersebut di atas pusar anak, yang sebelumnya telah diolesi dengan minyak talon.
Bila anak sudah lebih dari setahun, coba berikan ramuan 1 telapak tangan daun papaya, 1 ruas temu ireng, 1 ruas jari tembe bosok (tempe kamarin) dan sedikit garam. Tumbuk halus semu bahan, lalu peras pakai kain dan masukan ke mulut anak. Temu lawak sangat baik untuk mengeluarkan cacing, karena kurang nafsu makan biasanya disebabkan oleh cacingan atau masuk angin. Sedang daun pepaya sangat bermanfaat untuk menambah nafsu makan. Tempe bosok sendiribermanfaat, untuk menambah stamina dan kekuatan tubuh. Semoga bermanfaat.

13 comments:

  1. makasih resepnya...sy kopas bu agan....kebetulan si kecil lagi batuk panas..makasih. Jazakallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waiyyakum... semoga si kecil lekas sembuh... :)

      Delete
  2. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami tentang obat tradisional untuk penyakitn sehari-hari... teruslah berbagi informasi

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas resepnya..kebetulan anak saya lagi pilek dan sariawan..

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. syukron infonya ijin copas y :)

    ReplyDelete
  6. trimakash atas info nya,sangat membantu, kbtulan anak saya lg batuk, mudah2 an bisa lekas sembuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Bunda... Semoga si kecil lekas sembuh... :)

      Delete
  7. bunda bener g,kalo ubun-ubun dikasih parutan bawang merah bisa menyebabkan trakoma?

    ReplyDelete