Sunday, May 13, 2012

Tips-Tips Untuk Mengatasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil


Pembengkakan kaki merupakan masalah yang sering terjadi pada ibu hamil. Hal itu tentunya sangat mengganggu aktifitas akibat rasa nyeri dan langkah yang terasa lebih berat.
Edema atau pembengkakan merupakan penimbunan cairan akibat kadar garam atau natrium yang terlalu tinggi dalam tubuh. Natrium bersifat menahan air sehingga kelebihan air di dalam tubuh sulit dikeluarkan karena terikat oleh ion-ion natrium.

Pertanyaannya sekarang adalah: bagaimana cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil seperti itu? Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil:
Tips Pertama:
Rajinlah meminum air rebusan (pertama) kacang hijau pada pagi dan sore.
Diamkan air rebusan tersebut hingga hangat-hangat kuku, kemudian minumlah tanpa dicampur apa pun.
Tips Kedua:
Jalan santai di pagi hari (minimal 30 menit) tanpa menggunakan alas kaki sangat berguna untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Pijatan secara langsung saat berjalan di pagi hari akan sangat membantu melancarkan peredaran darah, terutama pada bagian kaki.
Tips Ketiga:
Minum lebih banyak air putih. Mengkonsumsi lebih banyak air putih dapat membantu mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil.
Tips Keempat:
Kurangi mengkonsumsi garam. Jika Anda tidak ingin pembengkakan pada kaki Anda terus berlanjut, kurangilah mengkonsumsi garam.
Tips Kelima:
Hindari berdiri terlalu lama. Menghindari berdiri terlalu lama, dapat membantu menghindari kaki bengkak.
Tips Keenam:
Hindari menggunakan sepatu bertumit tinggi. Sebaiknya ibu hamil menghindari sepatu bertumit tinggi, selain bisa membahayakan keselamatan Anda, seperti terpeleset. Terlalu sering menggunkan sepatu bertumit tinggi juga memicu kaki bengkak pada ibu hamil.
Tips Ketujuh:
Mengolesi kaki dengan menggunakan ramuan beras dan kencur yang ditumbuk halus juga bisa membantu mengatasi kaki bengkak.
Tips Kedelapan:
Jika terjadi pembengkakan, pijatlah kali Anda secara perlahan-lahan menggunakan baby oil atau baby lotion. Mintalah bantuan pada keluarga atau teman jika Anda tidak dapat melakukannya sendiri.
Tips Kesembilan:
Jika Anda merasa kelelahan, rendamlah kaki ke dalam air hangat yang diberi garam dan jeruk. Rendamlah kaki selama 10-15 menit.
Tips Kesepuluh:
Setiap menjelang tidur, jangan lupa untuk menggerakan pergelangan kaki 3-9 putaran, baik ke kiri maupun ke kanan. Gerakan kaki secara perlahan dan hati-hati agar kaki Anda tidak terkilir atau cidera. Aktifitas ini akan sangat membantu untuk merilekskan kaki Anda.
Tips Kesebelas:
Saat tidur, usahakan menyangga kaki lebih tinggi dari kepala. Anda bisa mengganjal kaki dengan 2-3 tumpukan bantal. Hal ini dapat membantu melancarkan peredaran darah pada kaki Anda.
Tips Kedua Belas:
Jika Anda mengalami pembengkakan yang serius, kompres kedua kaki menggunakan air dingin. Caranya, celupkan handuk ke dalam air dingin, lalu peras. Bebatkan handuk dingin pada kedua betis Anda.
Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat.

6 comments:

  1. terimakasi infonya semoga tamabah sukses aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terimaksih atas kunjungan dan doanya... :)

      Delete
  2. Terimakasih,,akan saya coba :-)

    ReplyDelete
  3. Sama-sama mb... semoga artikelnya bermanfaat... amiin

    ReplyDelete
  4. alhamdulillah menemukan blog ini ,, mohon copast ya mbak ,, karena saya sedang mengalami hal ini ,, terimakasih infonya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mb.. semoga artikelnya bermanfaat...

      Delete